Minggu, 07 Oktober 2012

pengantar ilmu sosial dasar



Pengantar Ilmu Sosial Dasar

Hakekat dan Ruang Lingkup Ilmu Sosial Dasar
Ilmu Sosial Dasar adalah pengetahuan yang menelaah masalah-masalah sosial, dengan menggunakan Teori-teori (fakta, konsep, teori) yg berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu sosial (seperti Geografi Sosial, Sosiologi, Antropologi Sosial, Ilmu Politik, Ekonomi, Psikologi Sosial dan Sejarah)
Ilmu Sosial Dasar meliputi dua kelompok utama : studi manusia dan masyarakat dan studi lembaga sosial. Yang terutama terdiri atas psikologi, sosiologi, dan antropologi, sedang yg kemudian terdiri atas ekonomi dan politik. Sasaran STUDI ISD adalah aspek-aspek yg paling dasar yg ada dalam kehidupan manusia sebagai makhluk sosial dan masalah-masalah yang terwujud dari padanya
Ilmu Sosial Dasar sebagai mata kuliah berkehidupan bermasyarakat dan pendidikan umum
Dalam proses belajar mengajar di perkuliahan ilmu social dasar merupakan  mata kuliah yang  penting ,agar mahasiswa dapat  dapat meningkatkan pengetahuan umum dan pengetahuan menghadapi pengetahuan social. Serta dapat bersosialisasi dengan siapapun dan dimanapun. Dan mahasiswa lebih peka terhadap lingkungan dan dapat menempatkan posisi ditempat yang benar.
Ilmu Sosial dan Budaya Dasar Sebagai Alternatif Pemecahan Masalah Sosial Budaya
sebagai integerasi dari ISD dan IBD memberikan dasar-dasar pengetahuan sosial dan kosep-konsep budaya , sehingga mampu mengkaji masalah sosial, kemanusiaan, dan budaya, sehingga diharapkan, peka, tanggap, kritis serta berempati atas solusi pemecahan masalah sosial dan budaya secara arif dan tanpa menyinggung perasaan atau mengandung unsur sara
Perbedaan Ilmu Sosial Dasar dan ilmu Budaya Dasar
Ilmu Sosial Dasar = Kenyataan-kenyataan social yang ada dalam masyarakat, yang secara bersama-sama merupakan maslah social tertentu. Kenyataan-kenyataan social tersebut sering ditanggapi secara berbeda oleh para ahli ilmu social. Karena adanya perbedaan latar belakang disiplin ilmu atau sudut pandangnya. Konsep-konsep sosial atau pengertian-pengertian tentang kenyataan-kenyataan social dibatasi pada konsep dasar atau elementer saja yang sangat diperlukakn untuk mempelajari masalah-masalah social. Persamaan dan perbedaan itulah yang seringkali menyebabkan timbulnya konflik, kerjasama, kesetiakawanan antar individu dan golongan. Masalah-masalah social yang timbul dalam masyarakat biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan social yang antara satu dengan yang lainnya salaing berkaitan.
Ilmu Sosial Dasar = Berbagai aspek kehidupan yang mengungkapkan masalah-masalah kemanusiaan dan budaya yang dapat didekati dengan menggunakan pengetahuan budaya (the humanities), baik dari segi keahlian. (disiplin) didalam pengertian budaya, maupun gabungan berbagai disiplin dalam pengetahuan budaya. Hakikat manusia yang satu atau universal, tetapi beragam perwujudannya dalam kebudayaan setiap zaman dan tempat. Dalam menghadapi lingkungan alam, social, dan budaya, manusia tidak hanya mewujudkan kesamaan-kesamaan, tetapi juga ketidak seragaman, sebagaimana ekspresinya dalam berbagai bentuk dan corak ungkapan, pikiran, perasaan, dan tingkah laku.
From : kahfiehudson Cyber Blog

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar